Membangun Proxy Server Dengan Ubuntu server 10.04

Proxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara, sedemikian sehingga pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu Proxy. 

Sebuah analogi; bila seorang mahasiswa meminjam buku di perpustakaan, kadang si mahasiswa tidak diperbolehkan langsung mencari dan mengambil sendiri buku yang kita inginkan dari rak, tetapi kita meminta buku tersebut kepada petugas, tentu saja dengan memberikan nomor atau kode bukunya, dan kemudian petugas tersebut yang akan mencarikan dan mengambilkan bukunya. Dalam kasus diatas, petugas perpustakaan tersebut telah bertindak sebagai perantara atau Proxy. Petugas tersebut juga bisa memastikan dan menjaga misalnya, agar mahasiswa hanya bisa meminjam buku untuk mahasiswa, dosen boleh meminjam buku semua buku, atau masyarakat umum hanya boleh meminjam buku tertentu.
Mungkin proses tersebut menjadi lebih lama dibandingkan bila kita langsung mencari dan mengambil sendiri buku yang kita inginkan. Namun bila saja setiap kali petugas mencari dan mengambil buku untuk seseorang, si petugas juga membuat beberapa salinan dari buku tersebut sebelum memberikan bukunya kepada orang yang meminta, dan menyimpannya di atas meja pelayanan, maka bila ada orang lain yang meminta buku tertentu, sangat besar kemungkinan buku yang diminta sudah tersedia salinannya diatas meja, dan si petugas tinggal memberikannya langsung. Hasilnya adalah layanan yang lebih cepat dan sekaligus keamanan yang baik.

silahkan download tutorialnya disini
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Anonymous
March 18, 2011 at 10:11 AM

Simpan file, kemudian restart service network agar supaya setting yang baru dapat dikenali oleh sistem operasi

Mau nanya mas..
gimana cara nyimpannya..
pake perintah apa?
mohon penjelasannya..
terima kasih

March 21, 2011 at 11:50 AM

untuk proses penyimpanan silahkan tekan Ctrl-o kemudian keluar dialog bahwa disuruh memilih apakah kita akan menyimpan perubahan jika ya tekan "y" untuk melakukan penyimpanan jika tidak tekan "n" untuk mengakhirinya

January 14, 2013 at 12:31 PM

Terima Kasih Pak Atas Infonya ..
artikel yang sangat bagus ..

Post a Comment

silahkan komentar dibawah ini, komentar anda sangat berarti untuk penulis artikel

 
Support : Creating Website Copyright © 2015. BELAJAR LINUX MANDIRI - All Rights Reserved