Bermain HJSPLIT di Ubuntu dengan “Catenate”

bagi downloader film sejati, mungkin tak asing dengan aplikasi HJSPLIT yang biasa jalan di OS jendela, yang digunakan untuk menyambung beberapa file yang di pecah (spilt). seperti file-file movie yang disediakan di mediafire, setiap file hanya diberikan alokasi maksimum sekitar 100 MB, sehingga untuk ukuran file movie yang super duper gede, terpaksa harus di split oleh uploader.
oleh pihak downloader, semua bagian file tersebut harus dikumpulkan semua, kemudian dikumpulkan dalam sebuah folder, dan disatukan kembali dengan HJSPLIT seperti yang dapat diunduh di sini. HJSPLIT merupakan aplikasi freeware yang gratis dan bebas didistribusikan baik kepentingan komersial maupun non komersial. nah lalu bagaimana untuk pengguna linux? jangan patah arang dulu, linux sudah menyediakan command terminal untuk menyambungkan file-file tersebut, yang disebut catanate.
untuk pengguna ubuntu, pertama buka aplikasi terminal di application>accessories>terminal
ketikan comand berikut:
cat file.001 file.002 file.003 file.00X > NamaFileBaru.mpg
berikut penjelasan singkat dari command line tersebut,
cat : catenate, sebuah perintah untuk melakukan catenation. diambil dari istilah kimia, intinya menggabungkan bagian2 yang terpisah .
nah file.001 sampai dengan file.00X merupakan bagian-bagian file yang telah diunduh
kemudian tanda ” > ” (tanpa tanda kutip) adalah untuk menghasilkan output, baru diikuti dengan NamaFileBaru.Format. misalkan pada contoh di atas, output yang diinginkan adalah format .mpg bisa juga format lain yang disesuaikan dengan kemampuan aplikasi mediaplayer yang ada. pada komputer saya misalkan saya outputkan dalam format .avi

tunggu sebentar dan….

enak tho? mantap tho?

sumber: http://briliano.wordpress.com
Share this article :

Post a Comment

silahkan komentar dibawah ini, komentar anda sangat berarti untuk penulis artikel

 
Support : Creating Website Copyright © 2015. BELAJAR LINUX MANDIRI - All Rights Reserved