Langkah Mudah Membuat Tampilan Ubuntu Seperti MacOS

Hasil akhir Macbuntu+Globalmenu+Docky

Bagi seorang pengagum tampilan di Ubuntu pastilah tak asing dengan tampilan OS dari Apple ini yaitu MacOS. Tampilan sistem operasi yang dibuat & diinstall pada produk Apple ini memang khas pada Wallpaper, Global Menu serta pada docknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa harga produk Laptop Macbook buatan Apple ini harganya masih di atas Rp. 10 juta, gress dari kardusnya. Dengan harga segitu kita sudah mendapatkan laptop yang mempunyai spesifikasi mumpuni serta telah terinstall OS Macintosh Snow Leopard. Tetapi apa daya kantong tipis, tak memiliki laptopnya pun tak masalah, kita masih bisa memiliki tampilan MacOS di Ubuntu kita.
Untuk memiliki tampilan ala MacOS di Ubuntu sangatlah mudah karena memang telah tersedia tema ala Mac. Ada dua tema terkenal di Ubuntu untuk menjadikan tampilan seperti MacOS yaitu Mac4lin & Macbuntu. Pada kali  ini saya akan membahas tentang tema Macbuntu karena ini adalah produk baru sehingga lebih fresh.
Sebelum menginjak langsung pada pemasangan tema Macbuntu, ada baiknya kita menginstall dulu 2 paket pendukungnya yaitu memasang globalmenu serta docky/cairo dock.
Memasang Globalmenu
-pastikan Ubuntu terkoneksi dengan internet, lalu buka terminal & ketik command berikut
sudo add-apt-repository  ppa:globalmenu-team
lalu enter & isi passwordnya jangan lupa.
-setelah itu kita update paketnya dengan mengetik
sudo apt-get update
- kemudian kita install globalmenunya dengan mengetik command
sudo apt-get install gnome-globalmenu
lalu enter & isi password. Pastikan proses installnya tiada masalah & sukses. Berikutnya kita menampilan gnome-globalmenu ini dengan cara klik kanan pada panel atas >add to panel >panel applet global menu
Selesailah tahapan memasang gnome-globalmenunya ;)
Memasang Dock
Ada banyak pilihan dock di Ubuntu yang indah tampilannya & tentu saja fungsional. Berikut ini saya cantumkan tiga dock yang terkenal di Ubuntu yaitu
1. Docky
cara installnya yaitu sudo apt-get install docky
2. Cairo Dock
sudo apt-get install cairo-dock
3. Avant Window Navigator
sudo apt-get install avant-window-navigator
Oh iya, docknya pilih salah satu aja yak, jangan dobel-dobel
Proses install Macbuntu

Setelah gnome-globalmenu terpasang & docknya juga maka kita tinggal memasang temanya yaitu Macbuntu. Untuk memiliki tema Macbuntu terbaru silahkan klik di sini & sesuaikan dengan versi Ubuntu anda. Setelah Macbuntu terunduh kemudian kita ekstrak filenya. Setelah itu masuk ke dalam folder hasil ekstrakannya & kita temukan ada skrip install.sh . Klik ganda pada skrip tersebut untuk menginstallnya, prosesnya nanti akan menyuruh kita mengisi passwordnya. Selesaikan proses installnya sampai minta reboot, jangan khawatir prosesnya tidak sulit kok. Adapun untuk menguninstall tema ini juga mudah kok bila sudah bosan, tinggal klik dobel pada uninstall.sh.
Demikianlah tutorial memasang tema Macbuntu di Ubuntu Lucid, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya 
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

May 11, 2011 at 9:41 PM

thanks you bosss.....

January 11, 2012 at 4:32 PM

I like it booss.......

January 11, 2012 at 4:33 PM

I like it bossss........

Post a Comment

silahkan komentar dibawah ini, komentar anda sangat berarti untuk penulis artikel

 
Support : Creating Website Copyright © 2015. BELAJAR LINUX MANDIRI - All Rights Reserved